Wakaf dalam berbagai literatur fikih dan sejarah peradaban islam berhasil mengahsilkan manfaat yang besar dan umur manfaat yang panjang untuk peradaban. Bahkan, usia manfaatnya melebihi usia fisik banguanannya.

Hal ini sekaligus menjadi bukti kemaslahatan ekonomi islam khususnya #Wakaf dalam melahirkan peradaban. Dari bangunan-bangunan wakaf ini melahirkan banyak ulama terkemuka dan cendikiawan muslim.Berikut ini adalah Bangunan #Wakaf yang lahirkan peradaban dunia.

  1. Masjid Nabawi

Masjid Nabawi menjadi salah satu contoh bangunan wakaf yang lahirkan peradaban. Masjid nabawi juga merupakan salah satu contoh wakaf paling populer yang tercatat dalam literatur fikih dan sejarah peradaban islam.

Image for post

Pada zaman Nabi, luas Masjid Nabawi hanya 35 x 35 m. Setelah Perang Khaibar pada tahun 7 H, jumlah kaum muslimin semakin bertambah. Maka Masjid Nabawi diperluas menjadi 50 x 50 m. Itulah perluasan Masjid Nabawi pertama dan terakhir hingga wafatnya Nabi.

Ialah sahabat Abdurrahman Bin Auf RA yang mewakafkan tanahnya untuk perluasan Masjid Nabawi. Saudagar kaya raya yang menjadi sahabat setia Rasul hingga akhir hayatnya.

2. Universitas Al-Azhar, Cairo

Univ. Al-Azhar di Mesir adalah bentuk wakaf umat yang lahirkan peradaban dunia. Dari sana lah lahir ulama-ulama besar tanah air maupun ulama internasional. Tercatat dalam sejarah peradaban islam, salah satu bentuk wakaf umat dalam bidang pendidikan yang paling populer adalah Universitas Al-Azhar, Mesir.

Image for post

Kampus yang berdiri pada 970M itu mampu memberikan pendidikan gratis kepada banyak orang dari seluruh penjuru dunia. Itu meliputi tingkat pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi.

Pada 1986, misalnya, tercatat dana tunai sebesar 147,32 juta pound Mesir (setara Rp 110,6 miliar kini) diperuntukkan bagi pembiayaan 55 fakultas, termasuk 6.154 orang staf akademiknya. Sejarah mencatat, Universitas al-Azhar merupakan perluasan dari fungsi masjid dengan nama yang sama dalam masa Khalifah al-Aziz.

Sebelumnya, Masjid al-Azhar dibangun atas instruksi Khalifah al-Mu’izz Lidinillah. Al-Azhar berasal dari nama putri Rasulullah SAW, Fatimah az-Zahra. Para penguasa Mesir waktu itu menetapkan wakaf khusus untuk proyek tersebut.

Demikianlah 2 bangunan wakaf yang mampu lahirkan peradaban. Masih banyak lagi bangunan wakaf lainnya yang menghasilkan manfaat dan memberdayakan. Semoga menjadi semangat untuk umat muslim di seluruh dunia dalam mengggaungkan semangat berwakaf.

Nantikan episode atau bagian ke 2. Salurkan Zakat Infak Sedekah dan Wakaf Anda melalui Laz Nasional LMI (Lembaga Manajemen Infaq) melalui website https://www.zakato.co.id/

Leave a Reply